Label

Sabtu, 19 Januari 2013

Hewan Cryptid:Pegasus


Mitologi       :Yunani dan Mesopotomia kuno
Jenis            :Hewan Darat(Kuda Terbang)
Persebaran  :Yunani


Dalam Cyptozoology banyak dibahas mengenai makhlukcryptid yang di beberapa daerah dianggap sebagai ewan yang keramat/didewakan. dan dalam beberapa mitologi di dunia ada beberapa mahewan Cryptid yang sangat menonjol. dan diantaranya adalah pegasus. 


Pegasus (Yunani: Πήγασος; Pégasos) adalah seekor kuda jantan bersayap yang merupakan putra Poseidon dan Medusa dalam mitologi Yunani. Poseidon memperkosa Medusa sehingga Athena mengubah Medusa menjadi monster. Pegasus banyak dijumpai di dalam karya-karya seni baik Yunani, Romawi maupun Mesopotamia. Pegasus merupakan makhluk yang wujudnya menggambarkan adanya hubungan antara dewa-dewa dan iblis atau monster di dalam dunia kuno dan dunia klasik. Pegasus membantu Bellerofon sang pahlawan dalam perlawanannya melawan Chimaera dan bangsa Amazon. Suatu ketika, Bellerofon mencoba menerbangkan pegasus ke Olympus sehingga para dewa menghukumnya dan
menjatuhkan Bellerofon dari Pegasus. Sejak saat itu, Pegasus menjadi pembawa petir untuk Zeus. Kata "pegasus” kini digunakan untuk merujuk kepada segala macam kuda bersayap secara umum.

Etimologi
Penyair Hesiod menghubungkan nama Pegasus dengan kata untuk "mata air", pēgē: " pegai Okeanos, dimana Okeanos dilahirkan;" tetapi, asal usul nama pegasus kemungkinan berasal dari kata dari Bahasa Luvian: pihassas, bermakna "petir".


Tidak ada komentar: