Label

Jumat, 11 Januari 2013

Apa itu Cryptozoology?

    Banyak penggila misteri yang menyukai tentang mitos ataupun legenda mengenai makhluk hidup (yang dalam hal ini lebih mengarah kepada jenis fauna/hewan). Namun mereka tidak mengetahui bahwa sebemarnya di dunia ini terdapat suatu jenis ilmu yang membahas mengenai fauna/hewan yang ada di dalam mitos maupun legenda tersebut.Kali ini Blogger ingin sedikit mencoba menjelaskan menenai suatu ilmu yang menyinggung masalah mitos atau legenda hewan tersebut.
    APA ITU CRYPTOZOOLOGY?
    Cryptozoology adalah ilmu yang membahas mengenai hewan tersebut.Dan untuk memperjelasnya,berikut ada beberapa pengertian tentang Cryptozoology:
    Cryptozoology adalah studi tentang hewan tersembunyi. Kata ini terdiri dari dua kata Yunani: Crypto berarti tersembunyi, dan zoologi, yang berarti studi tentang hewan. Para cryptozoology kata telah dikaitkan dengan Dr Bernard Heuvelmans, tapi dia telah menyarankan bahwa itu adalah kata yang diciptakan awalnya oleh seorang Skotlandia bernama Ivan T. Sanderson.
    Sedangkan menurut Wikipedia,Cryptozoology (dari Yunani κρυπτός , Kryptos, "tersembunyi" + ilmu hewan ; harfiah, "penelitian hewan tersembunyi") mengacu pada mencari hewan yang keberadaannya belum terbukti. Ini termasuk mencari contoh hidup hewan yang dianggap punah, seperti dinosaurus , binatang yang keberadaannya tidak memiliki bukti fisik tapi yang muncul dalam mitos , legenda, atau dilaporkan, seperti Bigfoot' chupacabra dan hewan liar secara dramatis luar mereka yang normal berkisar geografis, seperti kucing siluman atau "ABC" (sebuah initialism umum digunakan oleh cryptozoologists yang berdiri untuk Alien Kucing Besar).     Hewan-hewan cryptozoologists studi sering disebut sebagai cryptids , istilah yang diciptakan oleh John Wall pada 1983.Cryptozoology bukan cabang yang diakui zoologi atau disiplin ilmu.

    Jadi,Crptozoology menurut blogger dapat disimpulkan sebagai suatu ilmu yang mempelajari mengenai hewan yang belum jelas keberadaannya. dan hewan tersebut disebut dengan cryptid.

Semoga artikelnya berguna..
wassalam
   

Tidak ada komentar: